Jumat, 09 Mei 2014

Bolu Kukus Mekar

Bismillah



Sebenernya aku kurang begitu suka sama bolu kukus mekar ini, cuma suka aja bikin...apalagi kalo liat hasilnya yang cantik dan mekar maksimal. Untungnya anak dan anggota keluargaku yang lainnya pada doyan ama bolu kukus ini. Aku pakai resep yang dikasih sodaraku, dengan menambahkan air soda biar lbh mekar hasilnya. Resep aku tulis ulang ya..

Bolu Kukus Mekar

Bahan:
250 gr gula pasir.
2 butir telur.
255 gr tepung terigu berkadar protein sedang.
125 ml minuman bersoda tawar  seperti sprite atau f&n.
2 sdt emulsifier (sp/tbm).
1/2 sdt baking powder.
1/2 sdt esens vanili.
2 tetes pewarna makanan warna merah

Cara Membuat:
Campur bahan berikut; gula pasir, telur, dan emulsifier kemudian kocok hingga kaku selama kurang lebih 10 menit.
Ayak/ saring tepung terigu dan baking powder secara bergantian dan campur dengan minuman bersoda lalu kocok perlahan. Selanjutnya masukan esens vanili lalu aduk hingga rata.
Agar kue bolu kukus lebih menarik maka ambil sebagian adonan untuk diberi pewarna merah kemudian aduk hingga rata. Sisa adonan biarkan berwarna putih.
Masukan adonan putih pada cetakan bolu kukus yang telah dilapis kertas kue. Beri variasi dengan menambah adonan warna merag pada bagian atas.
Selanjutnya kukus selama 10 menit dengan api besar.

Tips agar Bolu Kukus Mekar dengan sempurna : mocalover
1. Air soda yang digunakan baiknya menggunakan air soda yang baru beli. Hasil akan kurang maksimal jika menggunakan air soda yang sudah pernah dibuka karena soda telah menguap.
2. Gunakan mikser dengan kecepatan tinggi ketika mengocok adonan kurleb 15 menit, dan pastikan adonan benar-benar mengembang.
3. Jika mengisi adonan di cetakan sebaiknya adonan sejajar dengan tinggi cetakan , soalnya jika tidak sejajar akan berpengaruh pada hasil yang tidak mengembang.
4. Sebelum memasukkan kue bolu di pengukus, pastikan panci pengukus dipanaskan hingga air di panci mendidih.
5. Lapisi tutup panci pengkus dengan kain atau lap agar air nantinya tidak menetas di adonan kue bolu pada saat mengukus. 
6. Sebaiknya jagan pernah membuka panci pengukus sampai kue benar-benar sudah matang, kurleb 15 menit.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...